Segudang Manfaat Dolomit untuk Kesuburan Tanah

 


Rumoh Tani - Peneliti Badan penelitian dan Pengembangan pertanian (Balitbangkan) Kementerian Pertanian (Kementan) Dr. Ir Ladiyani Retno Widowati, M.Sc menjelaskan manfaat dolomit untuk tanah sangat banyak baik untuk kesuburan kimia, fisika maupun biologi. Kesuburan fisika, tanah menjadi gembur, mudah diolah, tinggi daya isap air dan sirkulasi udara baik.

"Sifat kimia tanah apa yang dipengaruhi saat menggunakan dolomit? Reaksi tanah diperbaiki kemudian ada penambahan unsur hara karena mengandung CaMg dan fungsi lainnya dapat menekan kadar Fe yang terlalu tinggi," ujarnya dalam Talkshow World Soil Day (WSD) 2020 yang disiarkan secara online pada Selasa (8/12/2020).

Dia mengatakan dolomit juga dapat menjadi pembenah tanah untuk biologi tanah karena memperbaiki kualitas mikroba di dalam tanah sehingga tanaman dapat tumbuh dengan baik. Selain itu, dolomit juga memiliki daya netralisasi berbeda karena memiliki berat molekul lebih rendah dari kaptan.

"Walaupun banyak sekali manfaat dari dolomit untuk kesuburan tanah, tetapi saat ini petani masih perlu pengawalan untuk penggunaannya agar tidak berlebihan sehingga tanah tetap dalam keadaan baik," jelasnya.

Melihat banyaknya keuntungan yang diberikan dolomit, Polowijo Gosari Indonesia Holding membuka kesempatan kerja sama pendampingan untuk penelitian dolomit. Tujuannya agar semakin banyak orang mengetahui manfaat dolomit bagi lahan pertanian.

"Kami punya pola kerja sama dengan siapapun, kemudian dengan balai-balai penelitian kami ingin bekerja sama, " kata Chief Marketing Officer Polowijo Gosari Indonesia Holding Ir. Adhie Widiharto saat menjadi pembicara Talkshow World Soil Day (WSD) yang disiarkan secara daring, Selasa (8/12/2020).

Adhie menjelaskan masyarakat yang ingin bekerja sama dengan Polowijo Gosari Indonesia Holding untuk membuat penelitian atau mengajukan kerja sama lainnya guna menjadikan dolomit sebagai kesehatan tanah dan membangun pangan Indonesia.

"Dengan berbagai macam kerja sama atau penelitian, saya pikir kita bisa membangun pangan kita lebih baik lagi dengan dolomit," kata Adhie.

Sementara itu, Polowijo Gosari Indonesia Holding merupakan perusahaan produsen dolomit terbesar di Indonesia. Saat ini Polowijo Gosari mengolah dolomit dari pertambangan di kawasan Bukit Sekapuk dan Kaklak di Gresik, Jawa Timur. Kawasan pertambangan ini merupakan yang terbaik di Asia Tenggara.

Sumber: pertanian.sariagri.id

0 Response to "Segudang Manfaat Dolomit untuk Kesuburan Tanah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel