Amancio Ortega Anak Buruh Rel Kereta yang Menjadi Orang Terkaya No.2 di Dunia

Amancio Ortega Anak Buruh Rel Kereta yang Menjadi Orang Terkaya No.2 di Dunia.


SilahkanSHARE.com | Meski dilahirkan miskin dari ayah seorang buruh rel kereta, tidak menghalangi usaha Amancio Ortega menjadi seorang pengusaha pakaian terkaya di dunia. Pendiri ritel pakaian Zara ini menjadi orang terkaya nomor 2 dunia.

Dikutip dari Forbes DetikFinance [02/03/16], Ortega berumur 79 tahun, menduduki peringkat kedua orang terkaya dunia dengan harta US$ 67 miliar, atau sekitar Rp 897 triliun.

Ortega dibesarkan sebagai anak buruh rel kereta yang cukup sederhana. Pada 1975, Amancio Ortega bersama mantan istrinya Rosalia Mera mendirikan Zara di rumahnya. Produk awalnya adalah pakaian dalam dan baju mandi.

Sejak 1999, pria ini selalu menghindari wawancara oleh media. Kunci sukses Ortega adalah, mempertahankan pabrik pakaian di Spanyol, tepatnya La Coruna. Dia tidak mau melakukan outsource produksi pakaian ke China yang harganya lebih murah. Karena pabriknya di Spanyol, maka Zara bisa dengan cepat melakukan penyesuaian dengan tren fesyen terbaru.

Sekarang, Ortega merupakan orang terkaya di Eropa, dan pengusaha ritel terkaya dunia. Selain Zara, Ortega juga merupakan pemilik merek Massimo Dutti dan Pull & Bear.

Meski Spanyol dihantam krisis pada 2008 lalu, kekayaan Ortega tetap meningkat US$ 45 miliar dari 2009 hingga 2014. Ortega telah mengundurkan diri sebagai Chairman Inditex (induk usaha Zara) pada 2011, namun masih menerima dividen kebih dari US$ 400 juta per tahun.

Uang Ortega banyak diinvestasikan ke properti di selruh dunia, termasuk Madrid, Barcelona, London, Chicago, Miami, dan New York. Totalnya sekitar US$ 8 miliar.

0 Response to "Amancio Ortega Anak Buruh Rel Kereta yang Menjadi Orang Terkaya No.2 di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel