Studi: Minum Kopi Dapat Menurunkan Risiko Multiple Schlerosis

Studi: Minum Kopi Dapat Menurunkan Risiko Multiple Schlerosis.


SilahkanSHARE.com | Para peneliti tak ada henti-hentinya untuk mengungkap manfaat sehat yang terkandung dalam kopi.

para peneliti menemukan satu lagi manfaat sehat minum kopi terungkap dalam sebuah penelitian ilmiah. Orang-orang yang rajin minum kopi lebih terlindungi dari risiko multiple schlerosis (MS).

Multiple schlerosis itu sendiri adalah salah satu penyakit sistem syaraf pusat (otak dan jaringan syaraf sum-sum tulang belakang) akibat kerusakan myelin.

Dibandingkan dengan responden yang mengaku tidak minum kopi, responden yang rajin minum kopi punya risiko sepertiga lebih rendah untuk terkena MS.

"Kami mengamati kaitan yang signifikan antara konsumsi kopi dalam jumlah banyak dengan penurunan risiko MS," kata Anna Hedstrom, ilmuwan dari Karolinska Institute yang melakukan penelitian tersebut, seperti dikutip dari Livescience, [04/03/16].

Temuan ini sebenarnya telah dipresentasikan dalam American Academy of Neurology pada Februari silam. Kini, penelitian tersebut telah dipublikasikan dalam jurnal peer-reviewed, yakni Journal of Neurology, Neurosurgery and Psychiatry edisi 3 Maret 2015.

Dalam penelitiannya, Hedstrom melibatkan 2.779 orang dengan MS dan 3.960 orang tanpa MS. Hasil pengamatan menunjukkan, responden yang mengonsumsi 4 gelas atau 900 mL kopi sehari punya risiko 29 persen lebih rendah mengalami MS.

Hubungan sebab akibat dalam temuan tersebut belum benar-benar terkonfirmasi. Namun diyakini, kandungan kafein punya efek protektif atau perlindungan pada otak dan sumsum tulang belakang.

Pada MS, sistem imun atau kekebalan tubuh menyerang selubung myelin. Kerusakan pada sistem saraf tersebut bisa mengganggu semua sistem organ yang ada di tubuh.

Sumber: detikHealth

0 Response to "Studi: Minum Kopi Dapat Menurunkan Risiko Multiple Schlerosis"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel