6 Rahasia Sukses Orang Tionghoa yang Patut Kita Contoh

silahkanSHARE.com"... Beberapa orang kadang begitu anti dengan Asing dan China, padahal faktanya, nyaris di kehidupan kita tidak lepas dari produk Asing dan China. Daripada menghujat dan anti dengan mereka, kenapa kita tidak belajar dari kebiasaan dan kepribadian baik mereka, yang bisa kita terapkan untuk mengubah diri kita agar lebih baik?...."

Dengan hanya teriak dan menghujat mereka, bukan jaminan otomatis kita lebih baik dari mereka?

Menjadi orang sukes tentu menjadi harapan dari setiap orang di penjuru dunia, namun tak banyak juga dari sekian manusia yang gagal dalam meraih kesuksesannya. Untuk menjadi sukses ada banyak cara tentunya dengan mencontoh pola kehidupan yang positif dari orang-orang yang patut dijadikan sebagai inspirasi. 

Contohnya masyarakat Tionghoa yang dapat dikatakan selalu sukses dalam membangun sebuah usaha. Bahkan, tidak sedikit dari mereka yang memilih untuk menjalani kehidupan di bidang bisnis. Bisa dikatakan sekitar 75% atau mungkin lebih orang Tionghoa di Indonesia sudah membuka berbagai macam bisnis, dan semuanya rata-rata selalu sukses. 

Bisnis yang dijalankan orang Tionghoa berhasil menuai kesuksesan besar dan bahkan dikenal sampai  penjuru dunia. Kenapa bisnis orang Tionghoa bisa rata-rata selalu sukses? Penasaran bukan? berikut dikutip dari laman uprint.id rahasia sukses yang perlu Anda ketahui dan bisa dijadikan inspirasi dari orang Tionghoa.


#1. Berani Mengambil Resiko

Ilustrasi
Setiap keputusan yang diambil tidak pernah luput dari resiko yang nantinya akan sangat berpengaruh bagi perjalanan bisnis di masa yang akan datang. Tapi, orang Tionghoa tidak terlalu memikirkan resiko yang akan terjadi karena, keputusan yang diambil sudah melalui proses analisis yang amat panjang.

Tidak hanya itu, keputusan juga tidak dikaitkan pada satu aspek bisnis saja, melainkan seluruh aspek bisnis sehingga mereka dapat menetapkan spekulasi yang terjadi di masa yang akan datang.

#2. Tepat Waktu (On Time)

Ilustras (On Time)
Berbeda dengan etnis lain, masyarakat Tionghoa cenderung lebih menghargai waktu dengan cara selalu tepat waktu dalam mengerjakan apa pun. Karena waktu adalah uang! 

Bahkan tidak sedikit yang memiliki rutinitas jadwal setiap harinya. Rutinitas ini sifatnya tetap dan selalu berulang. Dengan begitu, mereka dapat mengerjakan semua aktivitas dengan baik dan tepat waktu.

#3. Pekerja Keras

Ilustrasi (Hard Work)
Biasanya akhir pekan memang sebaiknya digunakan untuk beristirahat. Namun beda dengan orang Tionghoa, merka memilih untuk menghabiskan akhir pekan dengan bekerja. Mereka mengatakan kalau akhir pekan adalah hari yang paling tepat untuk menambah pundi-pundi kekayaan. 

Di saat orang lain bermalas-malasan dan bersantai, disitulah waktu yang tepat untuk bekerja lebih keras supaya bisa lebih maju dibandingkan orang lain. Anda dapat mencoba rahasia sukses ini untuk membuktikan bahwa tekniknya benar adanya.

#4. Sejak Kecil Sudah Diajarkan Tentang Bisnis

Ilustrasi
Rahasia sukses berikutnya adalah, orang-orang Tionghoa sudah diajarkan bisnis sejak kecil oleh orang tuanya. Usaha yang digeluti orang Tionghoa adalah usaha keluarga. Jadi jangan heran kalau Anda mendapati anak-anak mereka turut membantu orang tuanya saat bekerja.

Karena ini termasuk salah satu budaya untuk mengajari anak cara berbisnis yang baik dan benar. Sehingga budaya untuk berbisnis memang sudah tertanam kuat dalam diri anak-anaknya sejak kecil. Lagipula, mengajarkan teori tentang berbisnis saja tidaklah cukup jika tidak dibarengi dengan praktek.

#5. Budaya Hidup Hemat

Ilustrasi (Hidup Hemat)
Orang Tionghoa cenderung lebih suka memperlihatkan penampilan sederhana. Misalnya seperti tidak memperlihatkan sosok sebenarnya kepada orang banyak. Dengan cara berpenampilan sederhana tanpa harus terlihat mewah. Bahkan, orang-orang Tionghoa lebih mudah menempatkan diri saat menggunakan busana.

Orang Tionghoa juga berupaya untuk hidup hemat. Hal ini bisa dilihat jelas saat berbelanja, dimana mereka sangat teliti saat membandingkan harga barang yang satu dengan yang lain. Mereka juga tidak malu untuk berburu barang yang lagi diskon demi menghemat pengeluaran.

#6. Bekerja Sepenuh Hati

Ilustrasi (kerja)
Rata-rata orang Tionghoa paling tidak suka bekerja yang diatur oleh orang lain, sehingga mereka lebih memilih untuk membuka usaha sendiri. Sedangkan usaha yang didirikannya tidak main-main, bahkan mereka melakukan riset terlebih dahulu usaha apa yang menjanjikan dan menghasilkan keuntungan. Namun tidak hanya itu saja, mereka rata-rata membuka usaha yang didasari oleh passion.

Sehingga dapat bekerja sepenuh hati, meski hasilnya masih harus terus berusaha. Inilah alasan kenapa orang Tionghoa selalu terlihat ceria saat bekerja karena apa yang dikerjakannya merupakan apa yang disukainya. Sehingga mereka dapat bekerja dengan sepenuh hati, hasilnya pun jadi lebih maksimal.

Dari ulasan diatas, semoga kita semua bisa meniru hal yang positif dari kepribadian orang-orang Tionghoa, dan menjauhi dari sifat buruk mereka.

silahkanSHARE!

0 Response to "6 Rahasia Sukses Orang Tionghoa yang Patut Kita Contoh"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel