4 Manfaat Membaca Untuk Kesehatan yang Telah terbukti Secara Ilmiah

silahkanSHARE.com | Buku adalah jendela dunia, dan kegiatan membaca buku merupakan suatu cara untuk membuka jendela tersebut agar kita bisa mengetahui lebih tentang dunia yang belum kita tahu sebelumnya.

Informasi yang didapat dengan membaca, membuka wawasan kita tentang berbagai hal seperti ilmu pengetahuan, ekonomi, sosial, budaya, politik, maupun aspek-aspek kehidupan lainnya.

Selain itu, dengan membaca, dapat membantu mengubah masa depan, serta dapat menambah kecerdasan akal dan pikiran kita. Tidak hanya itu saja manfaat kesehatan juga bisa kita dapatkan dengan membaca.

Manfaat membaca buku untuk kesehatan
Tentu saja, untuk mendapatkan manfaat ini, bacaan yang dibaca adalah bacaan yang isinya positif. Membaca artikel di internet pun memiliki manfaat yang sama, termasuk membaca blog ini. Dan manfaat kesehatan dari membaca sudah bisa didapatkan hanya dengan membaca selama 30 menit setiap hari.

Berikut 4 manfaat membaca bagi kesehatan yang telah 

terbukti secara ilmiah.


#1. Membaca Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer

Membaca menurunkan resiko penyakit alzheimer
Untuk mencegah penyakit Alzheimer maka yang harus dilakukan adalah merangsang pikiran untuk selalu berpikir. Dan salah satu cara merangsang pikiran adalah dengan membaca.

Penyakit Alzheimer adalah kondisi kelainan yang ditandai dengan penurunan daya ingat, penurunan kemampuan berpikir dan berbicara, serta perubahan perilaku pada penderita akibat gangguan di dalam otak yang sifatnya progresif atau perlahan-lahan.

Pada sebuah penelitian yang meneliti otak manusia dewasa pasca kematian menemukan, mereka yang rajin membaca mengalami kerusakan otak yang lebih sedikit, terutama bagian otak yang berhubungan dengan saya ingat.

#2. Membaca Dapat Meredakan Stress

Membaca dapat meredakan stress
Stress merupakan masalah pada pikiran yang sangat berpengaruh bagi kesehatan. Selama ini sudah banyak penelitian yang menghubungkan stress dengan risiko berbagai macam penyakit berbahaya seperti penyakit jantung, diabetes, insomnia dan lain lain.

Membaca adalah strategi yang cukup efektif untuk meredakan stress. Menurut sebuah penelitian, membaca dapat membantu meredakan stress sampai 68%. Membaca bahkan lebih efektif meredakan stress bila dibandingkan dengan berjalan kaki, mendengarkan musik atau minum teh.

Tentu saja bacaan yang dibaca untuk meredakan stress adalah bacaan yang menyenangkan. Sebaliknya bila yang dibaca adalah bacaan yang bertentangan dengan hati nurani maka manfaat meredakan stress tidak akan didapatkan.

#3. Membaca Membantu Merangsang Tidur

Membaca membantu merangsang tidur
Jika selama ini kamu kerap mengalami susah tidur maka membaca buku adalah salah satu cara untuk merangsang kantuk. Membaca melalui gadget tidak dianjurkan untuk merangsang tidur karena emisi sinar biru yang dipancarkan gadget akan membuat kamu terjaga. 

Jangan juga membaca buku yang isinya sangat menarik karena hal tersebut akan membuat kamu tetap terjaga.

#4. Membaca Dapat Membuat Kita Lebih Bahagia

Ilustrasi: Manfaat membaca buku
Hanya dengan membaca selama 30 menit, kamu sudah bisa merasakan kebahagiaan dan membantu meredakan depresi sampai 28%. Demikian kesimpulan yang didapatkan oleh sebuah penelitian.

Sekedar menambahkan, membaca dapat membantu menyingkirkan perasaan yang berhubungan dengan ketidakbahagiaan seperti perasaan kesepian dan kecemasan. Jika suatu saat kamu merasakan hal ini, segeralah mengambil buku dan membacanya.


Source: Blogdokter.net

0 Response to "4 Manfaat Membaca Untuk Kesehatan yang Telah terbukti Secara Ilmiah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel