5 Bandara Paling Ekstrim di Dunia

silahkanSHARE.com | Bandara tentunya harus memiliki landasan pacu yang cukup besar dan panjang sebagai penunjang agar sebuah pesawat dapat lepas landas dan melakukan pendaratan dengan baik dan sempurna.

Tapi tidak dengan beberapa bandara di bawah ini yang memiliki landasan pacu yang sangat  minimal dan ekstrim.

Ada yang mempunyai jarak landasan sangat pendek, melintasi jalan raya, di pinggir tebing dan masih banyak kondisi dari bandara ini yang tak seperti bandara lain pada umumnya.

Berikut beberapa bandara paling ekstrim di Dunia


#1. Bandara Gibraltar

Bandara Gibraltar
Bandara ini biasa juga disebut dengan bandar udara North Front, selain sebagai salah satu bandara teramai, bandara Gibraltar juga memiliki keunikan dimana landasan pacunya terletak berpapasan dengan jalan raya utama di Kota tersebut. Seperti umunya perlintasan kereta api, apabila ada sebuah pesawat yang akan lepas landas ataupun mendarat maka kendaraan-kendaraan disekitar jalanan perlintasan haruslah berhenti.

#2. Bandara Princess Juliana (Saint Martin)

Bandara Princess Juliana (Saint Martin)
Dahulu Bandara ini sebuah lapangan udara militer dan diubah menjadi bandara umum pada tahun 1943, untuk melakukan pendaratan di bandara ini seorang pilot harus terbang serendah mungkin mendekati pantai yang dipenuhi oleh pengunjung dikarenakan lokasi dari bandara ini yang berdekatan dengan pantai.

#3. Bandara Courchevel (Prancis)

Bandara Courchevel (Prancis)
Terletak dilokasi ski pegunungan alpen Prancis bandara ini memiliki landasan pacu yang pendek dan curam serta dengan tingkat kemiringan 18,5 % menjadikan nya sebagai salah satu bandara paling ekstrim di Dunia. Bandara ini juga pernah digunakan sebagai lokasi syuting film James Bond �Tomorrow Never Dies�, untuk melakukan pendaratan di bandara ini seorang pilot haruslah memiliki sertifikat khusus.

#4. Bandara Juancho E. Yrausquin, Pulau Saba (Karibia)

Bandara Juancho E. Yrausquin, Pulau Saba (Karibia)
Karibia merupakan kepulauan yang indah namun karibia hanya memiliki sebuah bandara yang terkenal dengan landasan pacu terpendek di Dunia. Panjang landasan pacu bandara ini sepanjang 1300 kaki, tidak hanya itu bandara ini juga dikelilingi oleh jurang dan angin yang kencang karena letaknya di perbukitan sehingga dapat dipastikan seorang pilot akan mengalami kesulitan untuk melakukan pendaratan atau lepas landas.

#5. Sea Ice Runway (Antartica)

Sea Ice Runway (Antartica)
Berbeda dengan bandara lain nya , landasan pacu pada bandara ini tidak terbuat dari aspal melainkan terbuat dari lapisan es sepanjang 4000 meter. Dengan kondisi landasan pacu seperti ini mengharuskan seorang pilot memiliki keterampilan yang lebih untuk mendaratkan pesawatnya, namun untungnya bandara ini tidak digunakan sebagai bandara komersil.


Source: Kepoan.com

0 Response to "5 Bandara Paling Ekstrim di Dunia"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel