Kandungan Bunga Mawar

Rosa sp.

Rumoh Tani-Mawar Rosa sp. dijuluki ratu segala bunga karena keindahannya, keanggunan dan keharumannya. Tanaman hias ini memiliki nilai ekonomi yang tinggi, diminati konsumen dan dapat dibudayakan secara komersial dan terencana sesuai dengan permintaan pasar. Berdasarkan kegunaannya mawar dikelompokkan kedalam bunga potong, mawar taman, mawar tabur dan mawar bahan komestik.

Baca Juga: Khasiat Bunga Mawar Untuk Kesehatan

Tanaman mawar dapat diperbanyak dengan cara stek, cangkok, okulasi dan penyambungan. Namun pada umunya perbanyakan mawar dilakukan dengan cara penyambungan. Mawar merupakan tanaman tahunan (parennial) yang merupakan struktur batang berkayu keras, berduri, bercabang banyak, menghasilkan bunga, buah dan biji secara cukup banyak antara lain Rosa odorata, R. Odorata ochroleuca, dan R. Foetida pesiana (di Amerika Serikat), R. Vilosa dan R. Canina (di Turki), R.Damascena dan R. Alba (di Alania).

Mawar merupakan salah satu bunga potong yang banyak diminati masyarakat, yang seringkali digunakan sebagai bunga penghias acara formal seperti seminar, lokakarya maupun non formal seperti pengantin dan beberapa acara adat. Jika acara telah usai atau bunga mawar disimpan/ dipajang beberapa hari akan menjadi layu dan jatuh harga jualnya. Padahal bunga mawar sortiran (tidak segar lagi) tersebut, ternyata masih mengandung pigmen antosianin berjenis Malvidin dan Sianidin glikosida.

Komponen terbanyak dalam mahkota bunga mawar segar antara lan air (83-85%), vitamin, β-karoten, cyanins (antosianin), total gula 8-12%, minyak atsiri sekitar 0,01-1,00% (citronellol, eugenol, asam galat dan linalool). Pigmen antosianin bunga mawar merah mempunyai sifat sinergis dengan asam sitrat, yang terbukti berfungsi sebagai antioksidan.

Semoga tulisan ini bermanfaat. Salam rumoh tani...


0 Response to "Kandungan Bunga Mawar"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel