Khasiat Patikan Kebo Untuk Eksim dan Jerawat


Patikan kebo ( Euphorbia hirta )

Mungkin Anda pernah melihat tanaman Patikan Kebo di sekitar pekarangan rumah dan kebun. Patikan Kebo disebut juga dalam bahasa lain Patikan Kerbau, Fei Yang Cao, Euphorbia Hirta.

Tanaman ini telah lama digunakan untuk mengobati beberapa penyakit. Manfaat daun patikan kebo untuk eksim, dan penyakit mata belekan atau glaukoma.

Patikan Kebo dipercaya mempunyai senyawa antiinflamasi, diuretic dan anti pruritic yang bisa menghilangkan gatal.

Manfaat daun patikan kebo untuk eksim dan sebagai obat menyembuhkan asma telah digunakan sejak dahulu.

Patikan kebo termasuk tanaman gulma, rumput liar yang biasanya mengganggu di kebun, seperti tanaman anting-anting untuk obat kulit.

Tidak banyak orang yang mengetahui tanaman ini, sehingga biasanya dibuang dan dimusnahkan dengan pestisida. Tidak sulit menemukan tanaman ini, karena perkembangannya cukup subur di daerah tropis.

Patikan Kebo kadang-kadang disebut tanaman asma, sejenis gulma pantropis. Tanaman ini diduga berasal dari India, kemudian menyebar ke negara-negara Asia.

Menurut penelitian terhadap Patikan Kebo, kandungan kimiawi yang terdapat dalam tanaman ini adalah alkaloid, tanin, folifenol, flavonoid, tanin. Selain itu juga mengandung senyawa flavonoid quersitrin, triterpenoid, tirukalol, eufosterol, ksanthorhamnin, dan senyawa terpenoid eufosterol, tarakserol dan tarakseron, kautshuk, taraxerol, friedlin. Mengandung senyawa Betha amyrin, betasitosterol, beta eufol, euforbol, hentriacontane. Juga senyawa elagic acid, asam-asam organik palmitat oleat dan asam lanolat.

Manfaat daun patikan kebo untuk eksim kering, eksim basah, dan mengobati jerawat. Ramuan dapat diolah secara sederhana, berikut resep pembuatannya:
  1. Ambil herba segar sebanyak 90 gram, kemudian masukkan kedalam wadah yang telah diisi setengah liter alkohol kadar 70%. Rendam daun patikan selama 3 sampai 5 hari. Tehnik ini akan meng-ekstrak kandungan kimia didalamnya.
  2. Gunakan ramuan ini untuk mencuci eksim. Daun patikan kebo mengandung senyawa antiinflamasi (anti radang), diuretic, dan anti pruritic yang bisa menghilangkan gatal pada kulit.
Semoga bermanfaat. Salam rumoh tani...














0 Response to "Khasiat Patikan Kebo Untuk Eksim dan Jerawat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel