Mengenal Unsur Hara Makro Dan Mikro

Mengenal Unsur Hara Makro Dan Mikro

Rumoh Tani - Unsur hara adalah zat yang diperlukan hewan atau tumbuhan untuk pembentukan jaringan, pertumbuhan, dan kegiatan hidup lainnya. Unsur hara bisa bersifat organik (berasal dari makhluk hidup) maupun anorganik (benda tak hidup, elemen dari air, asam, gas dan mineral). Meski demikian, unsur hara lebih sering kita temui dalam pembahasan yang berhubungan dengan tanaman.

Bagi tanaman, unsur hara adalah senyawa anorganik (kimia) di dalam tanah yang sangat dibutuhkan tanaman untuk tumbuhkembangnya. Setiap tanaman memerlukan paling sedikit 16 unsur hara penting, yang berdasarkan tingkat kebutuhannya dapat di golongkan menjadi 2 yaitu unsur hara makro dan unsur hara mikro.

Pengertian unsur hara makro adalah unsur hara yang diperlukan tanaman dalam jumlah yang lumayan banyak (makro), yaitu Kalium (K), Kalsium (Ca), Magnesium (Mg), Nitrogen (N), Phospor (P), dan Sulfur atau Belerang (S).

Sedangkan pengertian unsur hara mikro adalah unsur hara yang dibutuhkan oleh tanaman dalam jumlah kecil (mikro), yaitu Seng (Zn), Besi (Fe), Borium (B), Chlor (Cl), Mangan (Mn), Molibdenum (Mo), dan Tembaga (Cu).

Ketiga belas unsur hara tersebut diambil dari dalam tanah, sedangkan 3 unsur lagi yaitu Karbon (C), Hidrogen (H) dan Oksigen (O) diambil dari udara dalam bentuk Karbondioksida (CO2) dan dari dalam tanah dalam bentuk air (H2O).

Kebutuhan tanaman akan unsur hara di atas adalah mutlak, tidak dapat digantikan oleh unsur lain. Kekurangan atau ketiadaan unsur hara bisa menyebabkan terganggunya pertumbuhan tanaman, gejala-gejala kekurangan dan produksi yang menurun.

Pengertian unsur hara esensial adalah unsur hara yang perannya tidak dapat digantian oleh unsur yang lain. Jika kekurangan unsur ini maka tanaman akan tumbuh dengan tidak normal. Contoh unsur hara esensial adalah : Fosfor (P), Nitrogen (N), Kalium (K), Magnesium (Mg), Belerang (S), Kalsium (Ca), Besi (Fe), Karbon (C), Hidrogen (H), Molibdenum (Mo), Tembaga/cuprum (Cu), Boron (B), Seng (Zn), Oksigen (O), Mangan (Mn), dan Klor (Cl).

Pengertian unsur hara non esensial adalah unsur hara yang mempunyai peran yang relatif kecil terhadap pertumbuhan tanaman. Perannya dapat tergantikan oleh unsur hara yang lainnya. Contoh unsur hara non esensial adalaj Na, J, Va, Si, Co, Br, dan F.


Demikian penjelasan tentang mengenal unsur hara makro dan mikro. Semoga bermanfaat.

Salam rumoh tani...




0 Response to "Mengenal Unsur Hara Makro Dan Mikro"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel