Apa Itu Kartu Tani ?


Pada artikel sebelumnya kami telah menjelaskan tentang Pembentukan Kelompok Tani dan Cek Mendapatkan Kartu Tani, karena ada pengunjung juga yang bertanya-tanya tentang “apa itu kartu tani ?” maka pada kesempatan kali ini kami akan coba menjelaskan sedikit uraian tentang "Apa itu kartu tani?, dan Apa kegunaan kartu tani?".

1. Pengertian Kartu Tani

Kartu tani adalah sarana atau alat transaksi berupa kartu debit seperti ATM yang dapat dipergunakan untuk membeli pupuk bersubsidi. Dengan adanya kartu tani ini, dapat memudahkan petani untuk mengecek kebutuhan pupuk dalam pemenuhan pupuk yang petani butuhkan.

Kehadiran kartu tani sebagai langkah besar keberpihakan serta pembuktian pemerintah kepada petani bahwa pemerintah tidak akan meninggalkan petani berjuang sendirian menghadapi segala tantangan, apalagi disaat pandemi seperti sekarang.

Di sisi lain, kartu tani dapat memudahkan pemerintah khususnya Kementerian Pertanian dalam hal mengontrol peredaran pupuk di Indonesia. Ini adalah suatu cara yang dinilai paling praktis dan efisien bagi petani karena sistem transaksinya tidak lagi ribet. Dan hebatnya, melalui kartu tani pemerintah bisa menjadi lebih mudah mengontrol distribusi pupuk dalam proses pertumbuhan tanaman, sehingga kebutuhan dan sasaran pupuk terpenuhi seperti yang diharapkan.

Dan menurut kami kartu tani nantinya juga bakal menjadi kartu ampuh bagi petani untuk mendapatkan kredit bank ke program Kredit Usaha Rakyat (KUR). Dengan transaksi yang mudah dan bakal mendapatkan layanan khusus.

Ada beberapa bank yang akan meluncurkan kartu tani yaitu Bank BRI, PT Bank Mandiri dan Bank BNI. Nah ketiga bank inilah yang nantinya akan memproduksi jutaan kartu yang kini sudah dipegang oleh sebagian besar petani di berbagai wilayah Indonesia.

2. Kegunaan Kartu Tani

Dengan adanya kartu tani sangat diharapkan nantinya dapat membawa dampak positif bagi semua kalangan. Tidak hanya bagi pemerintah dan pihak terkait saja, tentunya yang paling penting adalah manfaat bagi para petani itu sendiri. Adapun kegunaan kartu tani adalah sebagai berikut:

    1. Pupuk bersubsidi

Apakah Anda salah seorang petani yang sudah memegang kartu tani? Nah kalau benar, nantinya anda akan mendapat kepastian dalam memperoleh pupuk bersubsidi. Karena pupuk merupakan komponen penting dalam sebuah pertanian, maka ketersediaan pupuk adalah hal mutlak.

Dengan adanya kartu tani, pastinya para petani dapat menggunakannya dalam membeli pupuk. Ini merupakan suatu langkah awal yang menurut kami sangat efektif dalam menyalurkan pupuk bersubsidi tepat sasaran.

    2. Penjualan langsung

Dikutip dari kompas.com Direktur Jenderal (Dirjen) Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Kementan Sarwo Edhy, mengatakan bahwa petani yang sudah memiliki kartu tani juga dapat melakukan penjualan hasil panen tanpa perantara.

Ia juga menjelaskan, bahwa sebelumnya kendala yang dihadapi oleh petani adalah ketika musim panen tiba. Karena hasil yang didapat tidak serta merta dapat dinikmati. Alasannya adalah petani terpaksa menjual hasil pertanian kepada para tengkulak yang mengambil untung besar.

Nah disinilah fungsi keberadaan kartu tani yang sangat diharapkan akan memangkas praktik penjualan hasil pertanian yang tidak sehat ini sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan petani.

   3. Pembayaran kredit usaha

Kegunaan kartu tani lainnya adalah kemudahan pembayaran kredit usaha. Dimana petani mendapatkan keuntungan yang lebih dari hasil penjualan selama masa panen, maka dari dana yang dimiliki itu bisa digunakan untuk unit usaha lainnya.

Dengan adanya kartu tani, petani dapat mengajukan kredit usaha di lembaga perbankan dan keuangan yang telah ditunjuk oleh pemerintah. Selain itu juga dapat digunakan untuk memverifikasi data para petani ketika melakukan pengajuan pinjaman kredit usaha.

   4. Tabungan dan bantuan sosial 

Nah dengan memiliki kartu tani maka petani disini juga bisa menggunakannya sebagai tabungan dan bisa meminimalisasi kerugian finansial jika dibandingkan dengan cara konvensional.

Tidak hanya itu melalui kartu tani petani juga bisa merasakan kemudahan dalam mendapatkan bantuan sosial maupun subsidi. Khususnya dalam bidang pertanian dan beberapa program nasional kementerian terkait. Contohnya saja program bantuan sosial Kementerian Keuangan, Kementerian Koperasi, dan Kementerian Pertanian, sehingga dapat memajukan dan memfasilitasi kebutuhan petani di seluruh Indonesia.

Demikian uraian yang dapat kami sampaikan, semoga uraian yang telah kami sampaikan dapat menjawab pertanyan dari pembaca sekalian serta bermanfaat bagi pembaca. Kami sangat menghargai komentar pembaca sekalian, apalagi itu bersifat membangun, demi kemajuan kami dalam menulis. 

Salam rumoh tani...

0 Response to "Apa Itu Kartu Tani ?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel