Ciri Orang dengan Kecerdasan Emosional yang Baik

Ciri Orang dengan Kecerdasan Emosional yang Baik.


SilahkanSHARE.com | Ukuran kecerdasan manusia tak hanya diukur melalui kecerdasan intelektual (IQ). Ada aspek lain yang tak kalah penting yakni kecerdasan emosional (EQ).

Sejumlah studi mengatakan kecerdasan intelektual tak selalu berbanding lurus dengan kecerdasan emosional. Lalu apakah Anda termasuk orang dengan kecerdasan emosional yang baik?

Dirangkum detikHealth dari berbagai sumber, berikut 6 ciri orang dengan kecerdasan emosional yang baik.

#1. Senang bertemu orang baru


Memiliki empati yang tinggi merupakan salah satu ciri orang dengan kecerdasan emosional yang baik. Senang bertemu orang baru dan memiliki ketertarikan terhadap mereka merupakan komponen utama orang dengan empati yang tinggi.

Ketika bertemu orang baru, orang dengan empati tinggi cenderung berusaha memenuhi kebutuhan orang tersebut. Contoh kasarnya adalah mengantar orang ke tujuan ketika ada yang menanyakan arah.

#2. Tahu alasan merasa marah


Marah merupakan perasaan yang normal. Namun orang dengan kecerdasan emosional yang baik tahu mengapa dia marah dan bagaimana caranya mengendalikan amarah tersebut.

Orang yang cerdas secara emosional akan mengambil langkah mundur dari emosi, 'melihat' apa yang mereka rasakan, dan memeriksa efek emosi mereka sendiri.

#3. Mudah fokus


Merasa terganggu ketika sedang fokus terhadap sesuatu bisa menandakan kecerdasan emosional yang biasa-biasa saja. Mereka yang memiliki kecerdasan emosional yang baik tidak akan merasa terganggu ketika sedang fokus mengerjakan sesuatu.

Mudah fokus juga berarti Anda tidak termasuk orang yang mudah teralihkan perhatiannya.

#4. Pemimpin yang baik


Pemimpin yang luar biasa memiliki satu kesamaan. Di samping memiliki bakat, etos kerja yang kuat dan ambisi, mereka juga memiliki kecerdasan emosional tingkat tinggi.

Hampir 90 persen dari pemimpin yang baik memiliki kecerdasan emosional yang tinggi. Artinya, mereka peduli kepada bawahan dan membantu mereka menjadi orang yang lebih baik.

#5. Senang menyapa


Salah satu ciri lain dari orang dengan kecerdasan emosional yang baik adalah senang menyapa. Biasanya mereka menyapa orang lain dan juga diketahui mampu bersikap ramah.

Senang menyapa orang lain menandakan Anda peduli dengan keadaan sekitar. Orang dengan kecerdasan emosional yang baik memang diketahui tak hanya mementingkan diri sendiri.

#6. Tahu kapan berkata 'tidak'


Tahu kapan berkata 'tidak' menjadi ciri utama orang dengan kecerdasan emosional yang baik. Mereka mampu mendisiplinkan diri sendiri dan menghindari kebiasaan yang tidak sehat.

Mengatakan 'tidak' juga berarti mengetahui kekuatan dan kelemahan diri. Orang yang cerdas secara emosional umumnya mampu menoleransi stres dan bahkan mampu mengendalikan keinginan mereka sendiri.

0 Response to "Ciri Orang dengan Kecerdasan Emosional yang Baik"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel