Kekurangan Vitamin D Bisa Percepat Penyebaran Kanker Payudara

Kekurangan Vitamin D Bisa Percepat Penyebaran Kanker Payudara.


SilahkanSHARE.com | Kanker payudara adalah jenis kanker yang paling banyak menyerang wanita di dunia. Menurut data dari GLOBOCAN 2012 setidaknya dari seluruh pengidap kanker wanita, ada 43,3 persen yang terdiagnosis dengan kanker payudara.

Oleh karena itu faktor pengendalian sangat diperlukan dan terkait hal itu peneliti dari Stanford University School of Medicine menemukan satu titik terang.

Pada tes laboratorium, tikus yang kekurangan vitamin D selama 10 minggu terbukti perkembangan tumornya terjadi lebih cepat dibandingkan dengan tikus yang asupan vitamin D-nya cukup. Ini artinya mempertahankan tingkat vitamin D kemungkinan bisa berperan sebagai pelindung seperti yang telah diteliti oleh studi sebelumnya.

Profesor Brian Feldman dari bagian pediatrik Stanford University selaku mengatakan sudah ada beberapa studi sebelumnya yang mengaitkan juga vitamin D dengan kanker lain seperti kanker usus dan prostat. Namun demikian karena hasilnya beragam maka sampai sekarang ilmuwan belum yakin benar menyebutkan manfaat suplemen vitamin untuk kanker.

"Meski masih banyak riset yang harus dilakukan, riset dari laboratorium kami dan beberapa lainnya menunjukkan bahwa orang-orang yang berisiko kanker payudara sebaiknya menjaga tingkat vitamin D-nya," kata Feldman seperti dikutip dari MedicalDaily, [04/03/16].
Ada banyak opini yang berkontradiksi terkait efektivitas konsumsi vitamin D untuk masalah kesehatan karena memang belum ada ukuran yang standar untuk semua orang. Di satu sisi sudah banyak yang meneliti dampak buruk kekurangan vitamin D untuk kesehatan tapi di sisi lain ada juga yang menemukan bahwa terlalu banyak vitamin D merusak ginjal, jantung, dan organ lainnya.

Sumber: detikHealth

0 Response to "Kekurangan Vitamin D Bisa Percepat Penyebaran Kanker Payudara"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel