10 Orang Terkaya di Indonesia 2016, Prabowo dan Jokowi Termasuk?

10 Orang Terkaya di Indonesia 2016


SilahkanSHARE! | Orang Terkaya di Indonesia 2016 | Kadang suka geleng-geleng kepala kalau melihat kekayaan orang-orang terkaya di Indonesia, dimana saat orang-orang biasa begitu sulit mencari uang, mereka justru uangnya sampai "nganggur" sebanyak itu.

Namun kita juga harus sadar dan "tahu diri" bahwa mereka yang mampu menjadi kaya raya seperti sekarang ini, tentunya perjuanganya beda jauh dengan perjuangan dan pengorbanan kita.

Demikian juga saat membaca kisah-kisah perjuangan dan penderitaan dari orang-orang terkaya di Indonesia ini, maka barusadar jika kita yang mengalami kesulitan dan penderitaan sebagaimana yang mereka alami, belum tentu kita mampu menjalani dan melewatinya dengan perjuangan, kerja keras, optimistis, dan berbagai sikap positif lainya sebagaimana yang mereka lakukan.

Karena alasan itulah, wajar saja jika harta dan kekayaan orang-orang terkaya di Indonesia setiap detik selalu bertambah banyak. Hal tersebut mungkin karena berbagai pengalaman yang sudah begitu banyak mereka alami dan sekaligus mampu mereka atasi.

Bahkan saat kondisi saat ini yang banyak orang bilang semakin sulit, tapi pada kenyataanya, kekayaan dari orang-orang terkaya di Indonesia justru semakin naik.

Jika dibuat rincianya secara total, maka nilai kekayaan dari 50 orang terkaya di Indonesia pada tahun 2016 ini yaitu US$ 99 miliar atau setara dengan Rp 1.336 triliun. Itu artinya ada kenaikan jika dibandingkan dengan tahun lalu US$ 92 miliar atau Rp 1.242 triliun.

Memasuki akhir tahun Desember 2016 ini, Forbes membuat daftar peringkat terbaru yang masuk dalam daftar orang terkaya di Indonesia.

Berikut ini merupakan daftar Orang Terkaya di Indonesia 2016, dikutip dari detikFinance dan forbes [1/12/2016],

Orang Terkaya di Indonesia 2016


#1. R.Budi dan Michael Hartono


r-budi-dan-michael-hartonoKedua bersaudara pemiliki Grup Djarum ini kembali menjadi orang terkaya di Indonesia. Hartanya berjumlah US$ 17,1 miliar, atau sekitar Rp 230,85 triliun.

Harta kedua bersaudara ini naik US$ 1,7 miliar atau sekitar Rp 22,9 triliun, ini karena kenaikan nilai investasi mereka pada PT Bank Central Asia Tbk (BCA).

Bersaudara ini dilaporkan mentransfer saham BCA senilai lebih dari US$ 13 miliar, dari perusahaan miliknya di luar negeri ke dalam negeri, dalam rangka program tax amnesty.

#2. Susilo Wonowidjojo


susilo-wonowidjojoSusilo Wonowidjojo dan keluarganya merupakan pemilik perusahaan rokok PT Gudang Garam Tbk, yang memproduksi 70 miliar batang per tahun, dan mempekerjakan 36.900 tenaga kerja.

Harta kekayaan Susilo Wonowidjojo dan keluarganya tercatat US$ 7,1 miliar atau Rp 95,85 triliun, naik US$ 1,6 miliar dalam setahun.

Meski aturan rokok ketat, namun laba dan penjualan Gudang Garam naik 19% dan 8% di 2015. Ini menaikkan harga saham Gudang Garam.

#3. Anthoni Salim


anthoni-salimAnthoni Salim saat ini memimpin Salim Group, yang di akhir tahun lalu mendapatkan uang US$ 1 miliar atau Rp 13 triliun lebih untuk ekspansi usaha.

Nilai kekayaan Anthoni dan keluarganya tercatat US$ 5,7 miliar, atau sekitar Rp 76,9 triliun.

Baru-baru ini, Anthoni mengakuisisi perusahaan tambang batu bara di Australia senilai US$ 224 juta, lalu membeli saham di perusahaan penjual kopi Korea Selatan, yaitu Caffebene, serta membuka pabrik mi instan di Serbia.

#4. Eka Tjipta Widjaja


eka-tjipta-widjajaEka Tjipta Widjaja merupakan pendatang dari negeri Tiongkok saat usianya 9 tahun. Pada usia 17 tahun, Eka menjadi penjual biskuit.

Nilai kekayaan Eka saat ini adalah US$ 5,6 mliar atau sekitar Rp 75,6 triliun.

Sekarang, keluarganya menjadi pemegang saham terbesar di perusahaan kelapa sawit bernama Golden Agri-Resources yang dijalankan dua anaknya, Franky dan Muktar.

Anak-anak Eka juga menjalankan bisnis properti lewat Sinar Mas Land.

#5. Sri Prakash Lohia


sri-prakash-lohiaSri Prakash Lohia memperoleh kekayaan dari usahanya memproduksi komponen pembuat botol plastik.

Dia dan ayahnya mendirikan Indorama di 1976, yang sekarang menjadi perusahaan petrokimia.

Nilai kekayaan Sri Prakash Lohia adalah US$ 5 miliar, atau sekitar Rp 67,5 triliun.

#6. Chairul Tanjung


chairul-tanjungChairul Tanjung menjadi orang terkaya nomor enam di Indonesia. Nilai kekayaannya US$ 4,9 miliar atau sekitar Rp 66,1 triliun.

Pemilik CT Corp ini memiliki bisnis ritel dengan nama Transmart Carrefour. Forbes menyatakan, pria yang akrab disapa CT ini juga mengontrol franchise Wendy's di Indonesia, dan juga Versace, Mango, serta Jimmy Choo.

#7. Boenjamin Setiawan


boenjamin-setiawanBoenjamin memiliki bisnis rumah sakit Mitra keluarga, yang masuk bursa saham pada Maret 2015. Boenjamin dan keluarganya berencana membuka 6 rumah sakit lagi dalam beberapa tahun ke depan.

Dia dan keluarganya juga menjalankan bisnis perusahaan obat lewat Kalbe Farma yang didirikan 1966.

Jumlah kekayaan Boenjamin mencapai US$ 3,3 miliar, atau sekitar Rp 44,5 triliun.

#8. Tahir


ttahirJumlah kekayaan Tahir tercatat mencapai US$ 3,1 miliar, atau sekitar Rp 41,8 triliun.

Pendiri Grup Mayapada ini memiliki bisnis rumah sakit, bank, hingga real estate. Dia juga tercatat sebagai filantropi yang telah mendonasikan uangnya US$ 14 juta di 2016 untuk para pengungsi di dunia.

#9. Murdaya Poo


murdaya-pooMurdaya Poo merupakan pemilik Jakarta International Expo, kawasan konvensi terbesar di Jakarta.

Harta kekayaan Murdaya mencapai US$ 2,1 miliar, atau sekitar Rp 28,3 triliun.

Lewat Central Cipta Murdaya Group, Murdaya memiliki bisnis di sektor kelapa sawit, mekanik, dan IT.

#10. Mochtar Riady


mochtar-riadyMochtar tercatat memiliki harta US$ 1,9 miliar atau sekitar Rp 25,65 triliun.

Mochtar merupakan pendiri Lippo Group yang sekarang dijalankan anaknya, James Riady.

Lippo disebut tengah menggencarkan bisnis digital banking lewat Bank Nobu, yang dijalankan cucunya, John Riady. Kemudian juga e-commerce lewat MatahariMall.

#Versi Video



Itulah 10 Orang Terkaya di Indonesia 2016 versi Forbes, dengan demikian anda juga sudah tahu jika Prabowo dan Jokowi tidak termasuk kedalam daftar 10 Orang Terkaya di Indonesia 2016.

Semoga diantara pembaca dan anak keturunan atau keluarga [teman] dekat pada suatu saat bisa masuk menjadi salah satu dari 10 Orang Terkaya di Indonesia 2016.

Amiiiin

SilahkanSHARE!

0 Response to "10 Orang Terkaya di Indonesia 2016, Prabowo dan Jokowi Termasuk?"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel