Berfungsi Keluarkan Racun, Ginjal Harus Kita Jaga, Ini Caranya!

Berfungsi Keluarkan Racun, Ginjal Harus Kita Jaga, Ini Caranya!


SilahkanSHARE! | Kesehatan | Ginjal | Jika ditanya, apa cita-cita kita, hampir semua orang penginya selalu yang berurusan dengan uang dan kesuksesan. Padahal sesukses dan sekaya apapun seseorang, kalau tubuhnya sakit, untuk apa kesuksesan dan kekayaan tersebut?

Kesehatan menjadi hal yang penting dalam hidup kita, namun terkadang kita selalu sering lalai dan mengabaikan kesehatan kita. Biasanya saat sakit datang, barulah kita menyadari betapa sehat itu teramat sangat penting melebihi dunia seisinya.

Saat kita bicara kesehatan, perlu anda tahu bahwa salah satu organ tubuh yang sangat penting adalah ginjal.

Namun banyak orang yang terkadang menganggap remeh dan kurang perhatikan untuk bisa tetap menjaga ginjal kita untuk selalu sehat.

Setiap orang pastinya tidak ada yang menghendaki sakit, oleh sebab itu menjaga kesehatan amatlah penting agar terhindar suatu penyakit. Salah satunya menjaga fungsi ginjal.

Mengapa ginjal merupakan organ yang sangat vital?

Meski bentuknya kecil, ginjal bertanggung jawab mengeluarkan racun dari sisa-sisa makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Jika ginjal tak dirawat dengan baik, tentu fungsinya akan menurun dan berdampak kronis. Sebelum terlanjur rusak, sebaiknya jaga organ kecil Anda ini agar tetap baik.

"Untuk menjaga agar ginjal tetap sehat sebaiknya cukup minum, hindari alkohol dan rokok, olahraga teratur, tidak konsumsi obat sembarangan, hindari konsumsi rutin minuman suplemen, menjaga kadar gula darah (untuk pasien diabetes)," terang dokter spesialis penyakit dalam dari Siloam Karawaci Hospital, dr Indra Wijaya, SpPD, MKes, dikutip dari detikHealth.

Selain itu, dr Indra, sapaan akrabnya juga menyarankan untuk pasien hipertensi untuk mengontrol tekanan darah, serta rutin melakukan pemeriksaan ginjal jika memiliki beberapa faktor risiko yang mengganggu ginjal, seperti pada pasien dengan hipertensi dan diabetes.

Kemudian, untuk mengetahui masalah pada ginjal dan saluran kemih, seseorang juga dapat lakukan medical check up, apakah dirinya rawan atau mempunyai kemungkinan terkena penyakit ginjal dengan melakukan pemeriksaan laboratorium seperti tes urine.

"Pemeriksaan darah lengkap, tes fungsi ginjal, urinalisis, serta pemeriksaan radiologi seperti: USG/CT-scan ginjal. Dokter akan menyesuaikan pilihan yang tepat bagi tiap pasien," terang dr Indra.

Semoga setelah baca ulasan diatas, kita semua bisa selalu rajin untuk menjaga ginjal kita agar tetap sehat.

Amiiin

0 Response to "Berfungsi Keluarkan Racun, Ginjal Harus Kita Jaga, Ini Caranya!"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel