Mekanisme Penumbuhan dan Pengembangan Poktan dan Gapoktan



Pertama sekali disini kami akan coba menjelaskan apa itu poktan dan gapoktan. Kelompok tani yang selanjutnya disebut Poktan adalah kumpulan petani/peternak/pekebun yang dibentuk oleh para petani atas dasar kesamaan kepentingan, kesamaan kondisi lingkungan sosial, ekonomi, dan sumberdaya, kesamaan komoditas, dan keakraban untuk meningkatkan dan mengembangkan usaha anggota.

Sedangkan gabungan kelompok tani yang selanjutnya disebut Gapoktan adalah kumpulan beberapa kelompok tani yang bergabung dan bekerjasama untuk meningkatkan skala ekonomi dan efisiensi usaha.

Penumbuhan dan pengembangan poktan dilakukan melalui pemberdayaan petani, dengan perpaduan dari budaya, norma, nilai, dan kearifan lokal untuk meningkatkan usahatani dan kemampuan poktan dalam melaksanakan fungsinya. 



Dasar dalam penumbuhan poktan, yang perlu diperhatikan yaitu kesamaan kepentingan, sumberdaya alam, sosial-ekonomi, keakraban, saling mempercayai, dan keserasian hubungan antar anggota untuk kelestarian kehidupan berkelompok, sehingga setiap anggota merasa memiliki dan menikmati manfaat dari setiap kegiatan.

Kemudian dalam pengembangan poktan diarahkan pada (a) penguatan poktan menjadi kelembagaan petani yang kuat dan mandiri; (b) peningkatan kemampuan anggota dalam pengembangan agribisnis; dan (c) peningkatan kemampuan poktan dalam menjalankan fungsinya. 

Pada tahap pengembangannya, seluruh poktan tergabung dalam Gapoktan, seperti yang tertuang dalam Permentan Nomor 67 Tahun 2016 tentang Pembinaan Kelembagaan Petani, sehingga dapat memberikan pelayanan informasi, teknologi, dan permodalan kepada anggotanya serta menjalin kerjasama melalui kemitraan usaha dengan pihak lain. 

Penggabungan poktan ke dalam gapoktan, diharapkan akan menjadikan kelembagaan petani yang kuat dan mandiri serta berdaya saing. Pengembangan gapoktan dilakukan agar fungsi gapoktan dapat berdaya guna dan berhasil guna dengan ruang lingkup pengembangan. 

Berikut ini bagan mekanisme penumbuhan dan pengembangan poktan dan gapoktan:
Demikian penjelasan kami, semoga bermanfaat. Salam rumoh tani...

0 Response to "Mekanisme Penumbuhan dan Pengembangan Poktan dan Gapoktan"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel