Jawa Barat Ekspor Ubi Jalar ke Hong Kong

Pelepasan ekspor 30 ton ibu jalar oleh Gubernur Jabar Ridwan Kamil, Direktur Aneka Kacang dan Umbi Kementan Amirudin Pohan dan Bupati Bandung Dadang Supriatna. (Dok Kementan)

Rumoh Tani, Jakarta - Kementerian Pertanian (Kementan) terus memacu aktivitas ekspor pertanian di berbagai daerah sehingga sektor pertanian semakin tangguh dan berkontribusi terhadap perekonomian nasional meski di masa Pandemi Covid 19. Ekspor komoditas pertanian yang terus berjalan salah satunya ubi jalar dari Jawa Barat (Jabar) ke Hong Kong.

Dikutip dari liputan6.com bahwa pelepasan ekspor sebanyak 30 ton ubi jalar ini dilakukan Gubernur Jabar, Ridwan Kamil, Direktur Aneka Kacang dan Umbi Kementan, Amirudin Pohan, Bupati Bandung Dadang Supriatna dan juga turut hadir serta jajaran Forkopimda Provinsi Jabar dan Kabupaten Bandung.


Ridwan Kamil menyatakan, ekspor ubi jalar ini sebagai bukti ketahanan pangan tidak terkendala pandemi Covid-19. Bahkan Indonesia bisa melakukan ekspor karena produksi dalam negeri yang sangat membaik. Guna terus menggairahkan ekspor, perlu kerjasama petani dengan kelompok pembeli.

"Kami sedang menyiapkannya dan kami akan kembangkan resi gudang 4.0, kembangkan toko online supaya pertanian menjadi modern dengan serba digital," jelas Ridwal Kamil dalam keterangan tertulis, Rabu (9/9/2020).

Pria yang akrab dipanggil Kang Emil ini mewanti-wanti para petani kalau berniat ekspor jangan main-main. Ia menegaskan harus memastikan serapi mungkin produk pangan yang diekspor, harus bisa dipisahkan produk yang bagus dan jangan sampai tiba di negara tujuan ada masalah.


"Saya merasa bangga Kabupaten Bandung bisa surplus dan bahkan bisa ekspor. Ke depannya saya minta Dinas Pertanian bisa mencari pasar ngara lain yang bisa sebagai tujuan ekspor," ujarnya.

"Titip Kabupaten Bandung fokus pada pertanian dan pariwisata. Covid mengajarkan kita yang bertahan adalah pertanian. Terakhir saya mendorong pemuda mulai terjun di pertanian jadi petani milenial, tinggal di desa, rejeki kota dan bisnis mendunia," sambung Ridwan Kamil.

0 Response to "Jawa Barat Ekspor Ubi Jalar ke Hong Kong"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel