Kementan Kaget Banyak Petani Tak Tahu Cara Pakai Kartu Tani



Rumoh Tani - Dikutip dari sariagri.id bahwa staf Khusus Menteri pertanian Bidang Komunikasi Pembangunan Pertanian, Yesiah Ery Tamalagi mengaku terkejut saat mengetahui banyak petani di Kabupaten Semarang tidak mengetahui cara penggunaan Kartu Tani.

Hal ini berbanding terbalik di saat Kementrian Pertanian memiliki target yang muluk mensejahterakan petani Indonesia namun di lini bawah petani tidak mengerti cara penggunaan Kartu Tani. 

Hal ini diungkap Yesiah Ery Tamalagi saat berdialog interaktif dengan petani Kacamatan Banyubiru, Kabupaten Semarang, Rabu (23/9).

Ery menilai, ada yang salah terkait ketidaktahuan petani dalam menggunakan Kartu Tani. "Berarti ada yang salah (menggunakan Kartu Tani) saja sampai tidak tahu. Dimana letak salahnya, yakni komunikasinya yang salah. Untuk itu, pentingnya pertemuan-pertemuan seperti ini," kata Ery.

Ery tak menampik, sangat terkejut saat mengetahui banyak petani tak mengetahui cara penggunaan Kartu Tani. Mengingat, fungsi dan manfaat kartu tani sangat berperan disaat petani membutuhkan pupuk bersubsidi.

Namun, sejalan kehadiran pihak-pihak terkait yang dapat menjadi pendamping ia mengharapkan petani akan mengerti pemanfaatan dari Kartu Tani sendiri.

"Sekarang sudah diberi kartu tani tapi tidak tahu cara menggunakannya. Langsung saja diskusikan. Jangan cuma bawa program," ujarnya.

Ery mengatakan, Kacamatan Banyubiru kedepannya diharapkan mampu menjadi lumbung padi tidak hanya Kabupaten Semarang, namun bisa menjadi lumbung padi Provinsi Jawa Tengah.

"Tentu itu bukan sekadar diucapkan tapi juga dicari realistis apa tidak. Menggunakan modernisasi, serta pola pendampingan, PPL harus memberikan data real di lapangan. Selain itu, memberikan pemahaman yang benar terkait Kartu Tani," kata dia. 

0 Response to "Kementan Kaget Banyak Petani Tak Tahu Cara Pakai Kartu Tani"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel