HEBOOH di Dunia Maya, Pria Ini Dicoret dari Kartu Keluarga dan Diumumkan Lewat Koran, Apa yang Sebenarnya Terjadi ??

Sebuah unggahan foto pengumuman "pernyataan putus hubungan" menjadi viral dan ramai diperbincangkan oleh warganet di media sosial Twitter. Foto itu diunggah oleh akun Hiburan Rakyat Jelata @menteridigital pada Kamis (17/12/2020).

Dalam foto itu, terpampang wajah seorang pemuda disertai nama, tempat dan tanggal lahir, serta alamat yang bersangkutan.

Di bawahnya, tertulis keterangan sebagai berikut: "Mulai hari ini tanggal 16 Desember 2020, tidak saya akui lagi sebagai anak karena ianya tidak mau mendengarkan nasehat dan kurang ajar serta orangtuanya, maka sejak pernyataan ini dimuat segala tindak tanduknya di luar adalah menjadi tanggung jawab dirinya sendiri." Hingga Minggu (20/12/2020) unggahan foto tersebut telah mendapat lebih dari 13 ribu likes dan lebih dari 2 ribu retweet. Warganet juga tidak ketinggalan meramaikan kolom komentar unggahan tersebut. Berikut beberapa di antaranya:

ca~
@hellodennisa_
gue pikir dicoret dari KK cmn sebatas jokes doang trnyata ada yg beneran kejadian
??
??
 ni anaknya segimana bandelnya yah smpe dicoret dari KK??

 Permisi PAAKEEEETTT...
@NHPeeeeeeeeel
Replying to @menteridigital
Unik sih, orang-orang Tionghoa masih setia menggunakan koran untuk publikasi berita.
Paling umum sering ditemui itu berita dukacita. Satu koran terkadang ada 2 sampai 3 berita dukacita.
Terkadang ada yang sampai sewa satu halaman penuh untuk berita 1 orang yang meninggal.

Kahfi Adlan
@kahfi_adlan
Replying to @menteridigital
Sering nih gan di Koran Analisa, Medan. Jd selain berita obituari, juga pernyataan putus hubungan, perkawinan, dll. Soalnya disana sering kasus anak yg kabur ntah kemana, trus manfaatin perusahaan bapaknya buat nipu orang.

Sejak kapan tradisi itu ada? Kepala Program Studi Sastra Indonesia, Fakultas Ilmu Budaya, Universitas Sebelas Maret (UNS) Surakarta, Dwi Susanto mengatakan, berdasarkan literatur yang dia baca, pengumuman pemutusan hubungan yang dilakukan oleh keluarga Tionghoa sudah ada sejak masa kolonial. "Keluarga Tionghoa itu memutus hubungan, misalnya 'Dia sudah tidak lagi anakku'. Itu diumumkan, diiklankan di koran-koran. Itu sudah banyak, dan sedari dulu sudah ada," kata Dwi saat dihubungi Kompas.com, Minggu (20/12/2020).
Melanggar moralitas Dwi mengatakan, ada beberapa sebab seseorang kemudian diputuskan hubungan kekeluargaannya. Salah satunya adalah karena seorang anak dinilai sudah melanggar moralitas. "Mungkin karena hukum-hukum keluarga, atau mungkin karena 'memalukan', maka dia dikeluarkan," kata Dwi. Dalam foto pengumuman pemutusan hubungan keluarga yang baru-baru ini viral, disebutkan bahwa pemuda dalam foto itu diputus hubungan, salah satunya karena dianggap sudah tidak patuh lagi terhadap orang tua.


Dwi mengatakan, moralitas adalah hal yang dijunjung tinggi dalam keluarga Tionghoa, dan salah satu kunci utamanya adalah penghormatan terhadap orang tua. "Hormat pada orang tua, hormat pada Tuhan, hormat pada leluhur. Itu kalau tidak dilakukan, dia sudah tidak dianggap lagi sebagai keluarga," kata Dwi.
Sudah berlainan adat Dwi mengatakan, sebab lain yang mendasari pemutusan hubungan adalah karena seorang anak dianggap sudah berbeda adat dengan keluarganya. Hal itu bisa terjadi karena seorang anak, dalam hal ini perempuan, menikah dengan laki-laki dari ras lain yang bukan Tionghoa misalnya. "Ras lain itu misalnya, Jawa, bahkan ras Eropa. Kalau yang perempuan, itu dianggap sudah bukan lagi orang Tionghoa. Bukan dia punya bangsa. Karena dia sudah berlain bangsa," ujar Dwi. "Hal itu karena perempuan itu penjaga tradisi, penjaga identitas, penurun tradisi. Nanti dia yang akan mengajari anak-anaknya, dan sebagainya," imbuhnya. Maka, menurut Dwi, perkawinan antar ras antara perempuan Tionghoa dengan laki-laki dari ras lain itu selalu dilarang atau selalu gagal. Bagi perempuan yang nekat melanggar larangan itu, maka konsekuensinya adalah diputus hubungan kekeluargaannya. "Sehingga, karena dia sudah tidak lagi bertradisi Tionghoa, beragama lain, maka dia sudah tidak dianggap keluarga lagi," kata Dwi.

Untuk menjaga kehormatan keluarga Dwi mengatakan, tujuan keluarga Tionghoa mengumumkan pemutusan hubungan keluarga melalui koran adalah agar orang lain mengetahui jika yang diputus hubungan itu sudah bukan tanggung jawab keluarganya. "Apapun tindakan dia, apapun yang dia lakukan, nanti berhubungan dengan orang lain, itu sudah tidak ada sangkut pautnya lagi dengan keluarga itu," kata Dwi. Dwi mencontohkan, misalnya yang diputus hubungan itu tersangkut masalah hukum dan dipenjara, maka keluarganya tidak akan ikut campur dalam urusan tersebut. Dia mengatakan, melakukan pemutusan hubungan dan mengumumkannya di media massa, merupakan cara bagi keluarga Tionghoa untuk menjaga kehormatan mereka. "Kehormatan keluarga, nama baik, moralitas keluarga. Memegang tradisi moralitas keluarga. Tradisi moralitas itu yang utama di situ," tutur dia.

Selain pengumuman putus hubungan, keluarga Tionghoa diketahui juga sering memasang pengumuman di koran jika ada anggota keluarga yang meninggal dunia. Dwi mengatakan, hal tersebut juga memiliki beberapa tujuan, selain untuk mengabarkan kabar duka tersebut. "Yang utama kan pemberitahuan kalau mati, nah selain itu kan mereka marganya, relasi bisnisnya kan banyak. Iklan besar-besaran (di koran) itu juga menunjukkan kehormatan keluarga," kata Dwi. Menurut Dwi, unjuk kehormatan yang dilakukan ini tidak bersifat negatif. Dalam kultur Tionghoa, hal tersebut justru memiliki makna positif. "Makanya ketika pemakaman itu semakin meriah, semakin besar, itu menunjukkan keberadaan dia di masyarakat itu sangat dipandang," kata Dwi.

ianlah pokok bahasan Artikel ini yang dapat kami paparkan, Besar harapan kami Artikel ini dapat bermanfaat untuk kalangan banyak Karena keterbatasan pengetahuan dan referensi, Penulis menyadari Artikel ini masih jauh dari sempurna, Oleh karena itu saran dan kritik yang membangun sangat diharapkan agar Artikel ini dapat disusun menjadi lebih baik lagi dimasa yang akan datang

Sumber : Kompas.com

0 Response to "HEBOOH di Dunia Maya, Pria Ini Dicoret dari Kartu Keluarga dan Diumumkan Lewat Koran, Apa yang Sebenarnya Terjadi ??"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel