BRI Ajak Petani Aktif Tanyakan Kartu Tani ke Kantor Cabang


Rumoh Tani - Dikutip dari sariagri.id bahwa salah satu penyedia Kartu Tani yaitu Bank Rakyat Indonesia (BRI). Menurut Executive Vice President Social Entrepreneurship & Incubation Division BRI, Djoko Purwanto hingga 31 Juli 2020 sudah ada 4,47 juta Kartu Tani yang tercetak dan tersebar di unit kerja BRI. Sementara itu, Kartu Tani yang sudah dibagikan yaitu 3,38 juta.

"Artinya apa? Masih ada 1 juta (Kartu Tani) yang ada di kantor cabang kami," kata Djoko, saat Webinar Kartu Tani, Selasa (08/09).


Djoko meminta petani untuk proaktif mengambil dan menanyakan sisa Kartu Tani yang belum dibagikan. Sebab, selama ini yang proaktif mengambil kartu tani yaitu dinas pertanian dan staf Bank BRI.

"Mari kita proaktif, teman-teman petani, datang ke unit kami dan menanyakan 'apa ada Kartu Tani kami?'" ucap dia.

Djoko menyebut, Kartu Tani yang ada sudah disipakan. Di dalam Kartu Tani tersebut sudah ada saldo sesuai dengan elektronik Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok (e-RDKK).

Djoko mengatakan, pihaknya mencatat, dari total 3,38 juta Kartu Tani yang terbagi, sudah ada 629 ribu Kartu Tani yang digunakan untuk menebus 116 ribu ton pupuk subsidi. "Nilai transaksi mencapai Rp212 miliar pupuk subsidi," kata dia.


BRI, kata dia, juga telah menyiapkan 6,471 uni Electronic Data Capture (EDC). Dari jumlah tersebut, 4.358 unit EDC sudah terpasang dan digunakan di Kios Pupuk Lengkap (KPL).

"Sisanya, kami menyediakan 3.500 (unit EDC) juga, menunggu KPL minta dipasangi EDC," ujar dia.

Djoko mengatakan, BRI sudah menginisiasi Kartu Tani ini sejak 2015 di Jawa Tengah. Walaupun baru 2018 masuk ke Kementerian Pertanian.

"Artinya dari sisi teknis dan operasional kami sudah siap. Kami menginginkan terakselerasi Kartu Tani dimanfaatkan para petani," ucap dia.

Djoko berharap pada 20 September 2020 nanti segala kekurangan distribusi Kartu Tani dan EDC bisa segera terselesaikan. "Kami mohon petani dan Dinas Pertanian untuk semangat lagi untuk implementasi," ujar dia.

Sekian penjelasan dari kami, semoga bermanfaat.

0 Response to "BRI Ajak Petani Aktif Tanyakan Kartu Tani ke Kantor Cabang"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel