Kementan Minta Sosialisasi Penggunaan Kartu Tani Dilakukan Bertahap



Rumoh Tani - Dirjen Prasarana dan Sarana pertanian Kementeria Pertanian (Dirjen PSP Kementan) Sarwo Edhy berharap PT pupuk Indonesia melakukan sosialisasi bertahap penggunaan kartu tani. Menurut dia, hal itu karena perlu ada penyesuaian dalam pelaksanaan di lapangan agar penggunaan kartu tani dapat optimal.

"(Kami berharap) untuk Pupuk Indonesia agar melakukan sosialisasi kepada distributor bersama kami Kementan. Kemudian para distributor juga harus melakukan sosialisasi kepada kios-kios pengecer. 

Selanjutnya sosialisasi dilanjutkan kepada petani sehingga secara bertahap pelaksanaan kartu tani ini bisa berjalan dengan lancar," ujarnya dalam Webinar Nasional, Selasa (8/9/2020).

Sarwo Edhy mengatakan saat ini sudah ada 12,3 juta petani yang tergabung dalam e-RDKK (Rencana Definitif Kebutuhan Kelompok).. Sementara berdasarkan laporan dari Himbara (Himpunan Bank Negara) ada 9,3 juta kartu tani yang telah dicetak.

"Berdasarkan catatan kami, para petani yang tergabung di dalam e-RDKK itu ada 12,3 juta petani. Kemudian kartu tani tercetak berdasarkan laporan dari Himbara ada 9.3 juta kartu," jelasnya.

Kartu tani yang sudah terdistribusi ke petani, lanjut dia, 6,2 juta. Sementara kartu tani yang digunakan baru 1,2 juta kartu atau 8,6 persen.

Baca juga artikel terkait lainnya:

Berdasarkan angka tersebut, kementan berharap Himbara segera menginventarisir kartu tani di wilayahnya yang belum terdistribusi ke petani.

Untuk diketahui, petani yang sudah memiliki kartu tani dapat melakukan penebusan pupuk bersubsidi. Sementara bagi yang belum memiliki kartu tani dapat dilakukan secara manual dengan memperlihatkan nama sesuai KTP.

"Kartu tani diberlakukan bagi para petani yang sudah memiiliki kartu tani dan para petani yang belum memiliki kartu tani dalam penebusan pupuk bersubsidi tetap menggunakan metode manual. 

Penggunaan kartu tani untuk yang sudah memiliki. Namun, pelaksaannya di lapangan harus disesuaikan dengan keadaan para petani di lapangan," jelasnya.

Kementan berharap pelaksanaan kartu tani dapat mencapai 100% dalam satu atau dua tahun ke depan.

"Semoga satu atau dua tahun ini dapat mencapai 100 persen," pungkasnya.

Sumber: sariagri.id

0 Response to "Kementan Minta Sosialisasi Penggunaan Kartu Tani Dilakukan Bertahap"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel